Cara Root Samsung Galaxy Young (GT-S5360)

Anda pengguna Android? Pernahkah anda menemukan aplikasi yang tidak bisa di Instal pada Smartphone Android kalian, terkadang beberapa Aplikasi memerlukan Hak Akses SuperUser untuk melakukan itu, cara paling jitu untuk mendapatkan Hak Akses tersebut adalah dengan cara Root. Apa itu Root? Root adalah pemberian hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Karena Root ini sangatlah krusial, maka saya akan menjelaskannya dengan begitu Detail agar tidak terjadi kesalahpahaman dikemudian hari. Kini saya akan menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan Root itu sendiri :
  1. Mendapatkan Hak Akses SuperUser
    Ya, Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android.
  2. Dapat Meningkatkan Performance
    Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
    Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi “Failure/Failed”. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Gemini App Manager.
  4. Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android
    Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.

Kekurangan Root pada Android

  1. Menghilangkan Garansi Android Anda
    Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  2. Masalah Keamanan Pada Android
    Ya, melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.

Mungkin penjelasan tentang Root Android cukup, dan dari penjelasan diatas harusnya Anda sudah bisa menentukan apakah ingin tetap melanjutkan Root pada Android atau tidak. Nah, sekarang saatnya saya kembali ke Topik Utama, yaitu Root Samsung Galaxy Young. Proses Root sendiri tidak membutuhkan langkah yang panjang, mungkin kurang dari 10 Menit pengguna awam-pun sudah bisa menyelesaikannya.

Dalam hal ini, saya menggunakan Ponsel Samsung Galaxy Young dengan OS Gingerbread 2.3.6 dengan Tipe GT-S5360 (GSM). Berikut langkah-langkah Root pada Samsung Galaxy Young :

  1. Pastikan Baterai pada Galaxy Young Anda saat ini tidak kurang dari 10%, Karena itu dapat mempengaruhi proses rooting.
  2. Download dulu File yang dibutuhkan yaitu Update.zip
  3. Lalu masukan pada SDCARD Anda (Jangan buat folder lagi, Masukin aja di SDCARD-nya)
  4. Jika sudah dipindahkan, Matikan Galaxy Young anda.
  5. Pastikan layar sudah mati total (Hitam) bukan (Abu-abu)
    Jika sudah tekan tombol VOLUME UP + HOME + POWER secara bersamaan.
  6. Untuk navigasinya gunakan tombol Volume Up dan Volume Down, dan untuk memilih gunakan tombol Home.
  7. Maka munculah Halaman Recovery Mode, pilih “apply update from sdcard”
  8. Kemudian pilihlah File “update.zip” yang sudah didownload tadi. (Jangan lupa baca Bismillah)
  9. Tunggu sampai prosesnya selesai, Jika sudah selesai silahkan Restart Galaxy Young anda dengan cara memilih menu “reboot system now”.
  10. Jika Proses Root berhasil, Maka akan muncul Aplikasi SuperUser atau SuperSU yang ada pada menu Galaxy Young kalian.

Cara diatas berlaku untuk Samsung Galaxy Young (Gingerbread 2.3.5 dan Gingerbread 2.3.6). Setelah posting ini, saya akan membahas Oprek-oprek Android yang mempunyai Tingkat Kerumitan tersendiri tentunya. Intinya jangan pernah takut untuk mencoba.

PERINGATAN !
Rooting adalah salah satu jalan terbaik jika anda ingin mengeksplor system pada Android. Dengan rooting, maka anda bisa mengakses semua file dan bisa menginstall aplikasi apa saja yang anda inginkan. Tetapi tetaplah diingat, tidak semua proses rooting bisa berjalan dengan lancar (Yang disebabkan oleh banyak hal).

KESIMPULAN !
Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap Android. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan.

Semoga Bermanfaat