06 Juli 2012

Cara Root Samsung Galaxy Young (GT-S5360)

Anda pengguna Android? Pernahkah anda menemukan aplikasi yang tidak bisa di Instal pada Smartphone Android kalian, terkadang beberapa Aplikasi memerlukan Hak Akses SuperUser untuk melakukan itu, cara paling jitu untuk mendapatkan Hak Akses tersebut adalah dengan cara Root. Apa itu Root? Root adalah pemberian hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Karena Root ini sangatlah krusial, maka saya akan menjelaskannya dengan begitu Detail agar tidak terjadi kesalahpahaman dikemudian hari. Kini saya akan menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan Root itu sendiri :

  1. Mendapatkan Hak Akses SuperUser
    Ya, Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android.
  2. Dapat Meningkatkan Performance
    Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
    Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi "Failure/Failed". Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Gemini App Manager.
  4. Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android
    Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.
Kekurangan Root pada Android
  1. Menghilangkan Garansi Android Anda
    Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  2. Masalah Keamanan Pada Android
    Ya, melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.
Mungkin penjelasan tentang Root Android cukup, dan dari penjelasan diatas harusnya Anda sudah bisa menentukan apakah ingin tetap melanjutkan Root pada Android atau tidak. Nah, sekarang saatnya saya kembali ke Topik Utama, yaitu Root Samsung Galaxy Young. Proses Root sendiri tidak membutuhkan langkah yang panjang, mungkin kurang dari 10 Menit pengguna awam-pun sudah bisa menyelesaikannya.

Dalam hal ini, saya menggunakan Ponsel Samsung Galaxy Young dengan OS Gingerbread 2.3.6 dengan Tipe GT-S5360 (GSM). Berikut langkah-langkah Root pada Samsung Galaxy Young :
  1. Pastikan Baterai pada Galaxy Young Anda saat ini tidak kurang dari 10%, Karena itu dapat mempengaruhi proses rooting.
  2. Download dulu File yang dibutuhkan yaitu Update.zip
  3. Lalu masukan pada SDCARD Anda (Jangan buat folder lagi, Masukin aja di SDCARD-nya)
  4. Jika sudah dipindahkan, Matikan Galaxy Young anda.
  5. Pastikan layar sudah mati total (Hitam) bukan (Abu-abu)
    Jika sudah tekan tombol VOLUME UP + HOME + POWER secara bersamaan.
  6. Untuk navigasinya gunakan tombol Volume Up dan Volume Down, dan untuk memilih gunakan tombol Home.
  7. Maka munculah Halaman Recovery Mode, pilih "apply update from sdcard"

  8. Kemudian pilihlah File "update.zip" yang sudah didownload tadi. (Jangan lupa baca Bismillah)

  9. Tunggu sampai prosesnya selesai, Jika sudah selesai silahkan Restart Galaxy Young anda dengan cara memilih menu "reboot system now".
  10. Jika Proses Root berhasil, Maka akan muncul Aplikasi SuperUser atau SuperSU yang ada pada menu Galaxy Young kalian.
Cara diatas berlaku untuk Samsung Galaxy Young (Gingerbread 2.3.5 dan Gingerbread 2.3.6). Setelah posting ini, saya akan membahas Oprek-oprek Android yang mempunyai Tingkat Kerumitan tersendiri tentunya. Intinya jangan pernah takut untuk mencoba.

PERINGATAN !
Rooting adalah salah satu jalan terbaik jika anda ingin mengeksplor system pada Android. Dengan rooting, maka anda bisa mengakses semua file dan bisa menginstall aplikasi apa saja yang anda inginkan. Tetapi tetaplah diingat, tidak semua proses rooting bisa berjalan dengan lancar (Yang disebabkan oleh banyak hal).

KESIMPULAN !
Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap Android. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan.

Semoga Bermanfaat

Cara Root Samsung Galaxy Young (GT-S5360)
Kirim Update Software Terbaru Untuk
Sobat BAGAS31 Langsung ke Email Sobat !

Artikel Terkait

111 Komentar

6 Juli 2012 13.25

Pertamaxxx :D

6 Juli 2012 13.39

Keduax...

6 Juli 2012 16.32

ketigax

6 Juli 2012 17.03

Masa sih nggak bisa mindahin aplikasi ke SD Card .. Aku bisa loh (belum root) ?

7 Juli 2012 18.02

kok lmbang SuperUser saya beda gan?

8 Juli 2012 18.35

gan ini SuperUser Elite?

8 Juli 2012 19.56

mas bagas aku udah coba root and berhasil terus aku download chainfire3D dan bagus bagus game nya tq mas bagas

8 Juli 2012 20.22

Makasih Banyak Gan. Sekarang saya bisa mindahin aplikasi dari Hp ke SDcard dengan leluasa

9 Juli 2012 00.08

kalau samsung galaxy ace plus gimana..bang

15 Juli 2012 14.26

kokk gagal mulu yh gan ??

20 Juli 2012 15.56

@Wahyu CrazyPeopleIya, Karena saya pake ROM yang berbeda. Tapi secara keseluruhan, SuperUser memiiki fungsi yang sama.

20 Juli 2012 15.57

@aan sam dorisGagal gimana?

28 Juli 2012 11.17

gan kalo gagal gimana jadinya

9 Agustus 2012 09.27

Saya cb gak bs2 . Update.zipnya gak kluar gmn donl?

9 Agustus 2012 09.35

Saya cb gak bs2 . Update.zipnya gak kluar gmn donl?

11 Agustus 2012 14.22

gan, tolong posting cara root xperia neoV, aku dah coba berbagai cara buat nge-root tapi gagal terus, please gan, urgent!!

15 Agustus 2012 05.25

update.zip nya jangan dimasukin ke folder gan

20 Agustus 2012 13.31

pnya saya superuser, bukan SuperSU

23 Agustus 2012 14.29

nunggu garansi ilang dulu aja :D

26 Agustus 2012 11.01

admin misalnya proses rooting gagal apa yan terjadi sama android kita??

6 September 2012 06.36

download file update langsung dari hape ato musti lewat laptop pake USB??tlongg infonya gan

6 September 2012 12.04

nunggu garansi abis dulu ahh....

9 September 2012 22.26

cara ngeroot xperia pro gmna bisa gx caranya kayak galaxy y...
tlong pncerahanya....Tanks...

13 September 2012 07.24

akuberhasil tapi kenapa tetep ga semua aplikasinya bisa gan ?

23 September 2012 01.01

Root dah ok tp mcmn nak pindahkan app dr hp ke sd..

29 September 2012 07.00

Mantap Gan..Pertamaxxxx

30 September 2012 14.12

harus punya HP cadangan, kyk nya ni. antisipasi bila HP rusak :D

4 Oktober 2012 09.48

mantaaabbbb... ane berhasil gan... thanks

7 Oktober 2012 11.05

kak bagas, bgaimna cra root samsung galaxy y s5360. Msh bsa kgk? Aq mw install gamecih

8 Oktober 2012 10.47

Gan maaf tolong dong share sm cara mnggunakannya soalnya ni udah terinstal superuser tp msh bingung cara mnggunakannya? Terima kasih

14 Oktober 2012 20.07

gan mohon informasinya kenapa google play store hp ane ga kebuka padahal ane udah buat account tolooooong

19 Oktober 2012 14.12

mantab nice info

http://tempat-android.blogspot.com/

20 Oktober 2012 14.02

Apa smua aplikasi bs d pindhkan ke sd stlh root?

29 Oktober 2012 07.48

kok msih ga bsa ke save d sdcard yaa..??

gan ko pas masuk ke recovery mode trus ane klik aply sd card ko failed yah...
gak bisa mulu...
jadi sd card ane gak muncul pas recovery mode
ada yang tau kenapa?

31 Oktober 2012 22.27

gan... kalu ditengah tengah proses root gagal resikonya apa ya.?

10 November 2012 01.24

kasian adminnya
untuk galyoung
masuk ke sini gan

http://m.facebook*.com/groups/214260805373957?ssc=0&_rdr

tanda bintang di hapus

15 November 2012 06.23

gan..ko file update.zip nya g bs d donlot..
ud coba berkali2 ttp g bs

15 November 2012 06.24

gan..ko file update.zip nya g bs d donlot..
ud coba berkali2 ttp g bs

15 November 2012 06.24

gan..ko file update.zip nya g bs d donlot..
ud coba berkali2 ttp g bs

15 November 2012 06.24

gan..ko file update.zip nya g bs d donlot..
ud coba berkali2 ttp g bs

17 November 2012 16.22

makasih boss..smoga anda masuk surga

18 November 2012 18.50

berhasill mass maksaih

dowanload game samsung young yg HD d mna ya

19 November 2012 20.38

hp nya nanti bs matot ga' bung?

23 November 2012 16.22

gan ane mau nanya cara ngembaliin superuser yg udah ke delete biar bisa kembali gimana ya gan

25 November 2012 13.39

makasih infonya bos,,,,,,q dah sukses ngeroot di galaxy y s5360

26 November 2012 11.57

gan admin.. cara diatas berlaku ga buat young duos GT6102?? thanks

1 Desember 2012 09.17

gan dwonload file update zip nya lewat hp android itu sendiri atau lewat pc , aq msh blm ngerti neh tol info nya gan... thanks

5 Desember 2012 11.54

done .. :)
tengkyu gan, kemaren ada kesalahan teknis

5 Desember 2012 19.04

kalo cara unroot-nya gimana?

8 Desember 2012 13.26

baru beli gyoung 3 jam udah ane root setelah liat tutor ini...alhamdulillah sukses

9 Desember 2012 03.02

kyaknya msti pndahin file update pke usb nih, coz pke blutut or dwnld di hp,, sd card nya gk kbaca ...

9 Desember 2012 18.28

donlot update.zip nya dari mana?

9 Desember 2012 18.29

donlot update.zip nya dari mana?

9 Desember 2012 18.29

donlot update.zip nya dari mana?

14 Desember 2012 04.09

Kalau proses rootingnya gagal apa konsekuensinya?
Kalau root ny dah slsai apakah data2 aplikasi di hp akan hilang?

14 Desember 2012 04.15

Kalau proses rootingnya gagal apa konsekuensinya?
Kalau root ny dah slsai apakah data2 aplikasi di hp akan hilang?

23 Desember 2012 12.45

ko update.zip ny gk bisa di download ya...

25 Desember 2012 16.49

Mantap gan

27 Desember 2012 09.55

Gan kok ane udah ngeroot nih beberapa x, tapi hasilnya masih ga ke root device nya, dan si SuperUser pun ga muncul, tapi sebelum saya ganti microsd, si superuser setelah di root muncul, aneh gan, mohon pencerahannya mksh

28 Desember 2012 14.16

Mantablah itu..

30 Desember 2012 13.06

punyaku udah di root tapi kok mmori masih penuh terus gimana gan

31 Desember 2012 22.24

Wah Takut juga nih mau ngeroot,Tapi Internal Phonenya Full Gimana donk...??

4 Januari 2013 10.40

mas bagas cara ini bisa untuk tipe ginggerbread dxle1?

4 Januari 2013 17.52

berhasil bang bagas thx infonya

8 Januari 2013 02.53

@Admin - BAGAS31gagal mas pas pilih apply update from sdcard tulisan erronya

E:failed to mount /sdcard(no such file ordirectry)
E:can't mount /sdcard

8 Januari 2013 18.25

brow, saya berkali2 nge root gagal terus,, superuser gak muncul.. Gmna.?

10 Januari 2013 22.22

SEMPURNA, , ,

19 Januari 2013 00.08

Caranya gimana maz,tlg dibantu

11 Februari 2013 16.26

berlaku ga buat young duos GT6102

17 Februari 2013 00.33

ko eror?
kalo nge-rootnya error trus diinstal dn direstart, itu garansinya udah hangus ya, dan apakah masih dalam pengaturan pabrik atau gimana?

24 Februari 2013 18.11

makasih gan ane lagi nyoba root gal young ane nih.
ijin copas yah...
moga makin sukses blog nya.

24 Februari 2013 18.21

makasih gan ane lagi nyoba root gal young ane nih.
ijin copas yah...
moga makin sukses blog nya.

15 Maret 2013 17.57

Ada gk cara root samsung galaxy SIII mini

5 Mei 2013 05.16

menunggu, Like this... 

╔══════════════════════════════════╗
║╔════════════════════════════════╗║
║║░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░║║
║║░░░░░░░░░░░░░░░░░▄▄░░░░░░░░░░░░░║║
║║░░░░░░░░░░░░░░░░█░░█░░░░░░░░░░░░║║
║║░░░░░░░░░░░░░░░░█░░█░░░░░░░░░░░░║║
║║░░░░░░░░░░░░░░░█░░░█░░░░░░░░░░░░║║
║║░░░░░░░░░░░░░░█░░░░█░░░░░░░░░░░░║║
║║░░░░░███████▄▄█░░░░░██████▄░░░░░║║
║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█░░░░░║║
║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░███░░░░░║║
║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█░░░░░║║
║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░███░░░░░║║
║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█░░░░░║║
║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░██░░░░░░║║
║║░░░░░█████▀░░░░▀▀████████░░░░░░░║║
║║░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░║║
║╚════════════════════════════════╝║
╚══════════════════════════════════╝

12 Mei 2013 07.47

Gimna sih cara meng uninstal jely noid dri hp young sy

12 Mei 2013 07.48

Gimna sih cara meng uninstal jely noid dri hp young sy

21 Mei 2013 19.01

bang berlaku di samsung galaxy young duos ga tuh ??

15 Juni 2013 21.23

kowkowkowkowokow berhasil MANGSTAB DEHH buat bagas 31 mas paantas untuk di langganan nih

1 Juli 2013 06.48

Acer z110 duos mmm cara root & masuk recovery mode nya?
Mhon pencerahan

1 Juli 2013 06.49

Acer z110 duos mmm cara root & masuk recovery mode nya?
Mhon pencerahan

1 Juli 2013 09.10

request unlockroot boss

16 Juli 2013 23.32

Kalau root Samsung galaxy p3100 gmn. Mohon dbantu

21 Juli 2013 17.28

Link.ny kog gag bisa gan...??.

31 Juli 2013 03.56

gan mau nanya nich hp yg pernah bootloop.apa masih bisa di root lagi

20 Agustus 2013 14.15

ko pas udh di reboot balik lagi ke tulisan samsung.. dan seterus'a.. itu knp kmbali terus ga muncul menu?? bsa kmbli normal apa ga min ??

14 September 2013 10.08

Tolong share info cara nambahin kapasitas memori internal Samsung Galaxy Y nya dong :D

22 September 2013 01.09

work , thankss

23 Oktober 2013 13.51

ga bisa bro ??
ga ada app Super Usernya?

6 November 2013 21.40

MIN KALAU GAGAL NGE ROOT NYA BAGAIMANA DENGAN KONDISI HP NYA, APAKAH MASIH BISA DI PLASH MIN ?? TOLONG JAWABANNYA MIN (TERIMA KASIH)

14 November 2013 01.43

koq punya aku check updates teruus pas mw instal zip nya..
tlong ksih tw gmba cranya...

20 November 2013 11.56

@sir1234resikonya adalah anda haris beli yang baru

24 November 2013 10.12

Download update.zipnya dimana ka?tolong dong ka:)

15 Desember 2013 12.55

ga ada 5 menit dan kyknya berhasil gan. . . udah keluar app superusernya. . .!!

17 Desember 2013 21.13

Gan, gk pake backup data??? Apa datanya gk pngaruh gan???
(jwb)

26 Januari 2014 02.10

gan yang terhormat bisa ga buat galaxy star duos

31 Januari 2014 19.00

Gan klo sdh di root, program yg terinstal hilang ga?
Utk ace 2 apa sama?

31 Januari 2014 21.05

Gan bisa ngasih link downloadnya ke 4shared.com gk .. Ane gk bisa ngakses situs sdf.ly

1 Februari 2014 13.38

yoii,,isooo yak share ahhh,,,mantap lebih cepet gak lemotttt

2 Februari 2014 15.46

Gan, ada yang tau cara nge-root "Huawei Ascend Y210 0100" gak ?

4 Februari 2014 14.08

ada yang jelly blast gak?

5 Februari 2014 18.09

MANTAP BRO....THANKS BANGETTT

11 Februari 2014 17.50

Gudang Informasi Terupdate, Informasi KOntes Seo

Klik Disini

13 Februari 2014 15.56

Gan cara root new andromax i gimana?

18 Februari 2014 22.28

Klo mau root hape cina kayak axioo tu gimana ya, apa cara ini worked ? (dsyech.blogspot.com)

28 Maret 2014 09.28

Gan. .
SU intallation complete. . .
thx ya. . . n_n)b

6 April 2014 22.45

Gan ,w pake android yang di pc ..pake genymotion ..nah itu cara rootnya gimana ya ? kan enak gitu kalo pake yg di pc ,kehilangan garansi pun gpp ya kan ? :v

Para pengurus Blog BAGAS31 Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.